21 Nov 2016

6 Pertunjukan Di Saung Angklung Udjo

0 Comment

6 Pertunjukan Di Saung Angklung Udjo – Mengenalkan Budaya Sunda Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang berbeda, unik, serta menghibur dan sekaligus mendidik maka Anda dapat mencoba datang ke Saung Angklung Udjo.pusat pelestarian dan pertunjukan kebudayaan tradisional yang ada di Bandung.

Untuk orang tua, Anda dapat mengenal  budaya orang sunda di masa lampau bisa memain angklung di tempat wisata budaya dan edukasi ini  bagus juga untuk anak Anda yang hidup di jaman modern seperti sekarang, mereka dapat belajar mengenal kebudayaan tanah air yang mungkin sudah jarang ditemukan di kota-kota besar.

Selain kunjungan wisata seni dan budaya, Saung Angklung Udjo juga sering kali mendapat kunjungan dari rombongan para pelajar yang ingin mempelajari kebudayaan tradisional langsung.

Saung Angklung Udjo menarik perhatian dunia internasional saya sendiri sering menlihat di stasiun televisi yang menayangkan liputan memain angklung dalam jumlah orang banyak di negara eropa dan amerika.

Pertunjukan di Saung Angklung Udjo

Pertunjukan seni ditampilkan setiap hari, dari pukul 15.30 sampai Pukul 17.30. Pertunjukan tersebut tidak hanya diisi dengan permainan Angklung saja, tetapi juga diisi dengan tarian tradisional dan wayang golek.

Selain itu Saung Angklung mang Udjo juga menjual berbagai alat musik bambu tradisional seperti angklung, calung, arumba, dan lain sebagainya. 6 Pertunjukan yang dapat Anda lihat di Saung Angklung Udjo diantaranya adalah :

1.Demonstrasi wayang golek pementasan sandiwara boneka terbuat dari kayu khas Sunda di bentuk  mirip badan manusia lengkap dengan pakaiannya  Setiap pementasan wayang golek selalu ada pesan moralnya.

2. Helaran Helaran biasanya dimainkan untuk upacara tradisional khitanan dan upacara panen padi. Karena bertujuan untuk menghibur dan sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang maha esa, musiknya bersifat semangat dan riang. Angklung yang digunakan untuk pementasa Helaran adalah angklung yang bernada pentatonis.

3.Tari Topeng Tarian khas kota udang Cirebon yang diperankan oleh perempuan. Pertama mereka akan menari tanpa memakai topeng. alur Ceritanya pembawa berita dari kerajaan Majapahit sedang menyelidiki keadaan Kerajaan Blambangan.

Kemudian mereka mulai menari menggunakan topeng dengan cerita si pembawa berita menyamar menjadi seorang lelaki yang gagah untuk bertarung melawan Prabu Menakjingga. Topeng berwarna merah melambangkan karakter yang mudah marah.

4. Angklung Orkestra. Angklung tidak hanya dimainkan untuk mengiringi lagu Sunda saja. angklung orkestra ini, akan dimainkan berbagai jenis lagu, mulai dari lagu anak-anak balonku, twinkle-twinkle little star, sampai dengan lagu dangdut dan lagu daerah Indonesia lainnya

5. Bermain angklung bersama-sama Pengunjung juga diberi kesempatan untuk memainkan angklung. Anak-anak didikan Saung Angklung Udjo akan memberi pinjaman angklung. bimbingan dan instruksi dari Saung Angklung Udjo, dalam waktu yang tidak lama, pengunjung bisa memainkan beberapa buah lagu dengan angklung

6. Menari bersama Di akhir acara, anak-anak yang bergabung dengan Saung Angklung Udjo akan mengajak penonton untuk menari dan bernyanyi bersama.

Harga tiket masuk Saung Angklung Udjo

  1. Dewasa ( Turis lokal ): 60.000 Rupiah
  2. Dewasa (Turis asing ): 100.000 Rupiah
  3. Pelajar ( Lokal ): 40.000 Rupiah
  4. Pelajar ( Asing ): 60.000 Rupiah
  5. Anak-anak di bawah usia 3 tahun tidak dikenakan biaya masuk
  6. Harga tiket masuk tersebut berlaku untuk hari kerja dan akhir pekan. dan sudah  sudah termasuk minuman dengan pilihan air mineral, teh, atau es lilin serta souvenir gantungan kunci berbentuk angklung.

Bagaimana tertarik untuk mengunjungi wisata budaya dan edukasi saung Angklung Udjo? alamat  lengkapnya di Jalan Padasuka Nomor 118, tidak jauh dari pusat kota Bandung. patokannya tidak jauh dari terminal Cicaheum.

[top]
About the Author


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!