01 Nov 2016

Cara Membuat Susunan Acara Family Gathering

0 Comment

Cara Membuat Susunan Acara Family Gathering Membuat sebuah acara family gathering biasanya banyak perusahaan atau instansi yang bekerjasama dengan jasa paket family gathering.

Dimana dengan jasa tersebut semua kegiatan family gathering akan dikelola dan diatur sebaik mungkin termasuk juga susunan acara family gathering yang telah dibuat oleh jasa tersebut.

Akan tetapi, jika Anda ingin mencoba ikut terlibat dalam pelaksanaan family gathering, maka salah satunya bisa dengan membuat sendiri susunan acara family gathering. Membuat susunan acara family gathering merupakan hal yang gampang-gampang susah, karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Selain itu, susunan acara yang dibuat untuk family gathering nantinya akan menentukan kelancaran jalannya kegiatan serta mampu membuat kegiatan memiliki alur yang jelas.

Untuk membantu Anda dalam membuat susunan acara family gathering, berikut ini akan dijelaskan cara membuat susunan acara untuk kegiatan family gathering.

Pertimbangkan peserta

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mempertimbangkan jumlah peserta, usia peserta, jenis kelamin peserta, tingkat pendidikan peserta, tujuan kegiatan family gathering, lokasi atau tempat kegiatan dan muatan yang diharapkan dari para peserta family gathering.

Setelah mengetahui informasi mengenai hal-hal tersebut maka Anda akan bisa menentukan rancangan acara sesuai dengan kondisi dan situasi para peserta family gathering. Selain itu, masalah yang sedang dialami oleh peserta family gathering juga bisa menjadi dasar untuk menentukan acara yang akan dilaksanakan.

Pembagian kegiatan

Secara umum, dalam sebuah susunan acara family gathering biasanya dalam satu hari kegiatan akan dibagi dalam 4 sesi yang meliputi sesi pembukaan, acara team buliding, individual challenge, dan de briefing.

Pada tahap pembukaan, biasanya acara family gathering akan dibuka dengan kegiatan ice breaking yang akan membuat peserta merasa senang dan mampu mencairkan suasana.

Dalam kegiatan ice breaking ini, banyak permainan yang bisa dipilih dan tergolong permainan yang ringan namun mampu menarik minat semua peserta. Pada susunan acara yang berikutnya yaitu team buliding, peserta akan diajak untuk bermain games outbond yang berupa team work.

Untuk susunan acara family gathering yang ketiga yaitu individual challenge, masing-masing peserta akan diajak melakukan permainan individu dan bukan kelompok. Pilihannya bisa berupa :

  • Flying fox
  • Trekking
  • Terjun payung dan masih banyak lagi.

Pada susunan acara family gathering yang terakhir yaitu de briefing, dapat diisi dengan acara penutupan dengan mengajak semua peserta untuk mengungkapkan kesan dan makna dari game-game yang telah diikuti.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara membuat susunan acara family gathering yang bisa Anda coba sendiri dengan berdiskusi dengan rekan kerja Anda. Pastikan untuk meminta masukan atau saran dari rekan kerja Anda yang lain untuk menyempurnakan susunan acara yang Anda buat.

Pastikan semua peserta menyepakati susunan acara tersebut sehingga acara bisa berjalanan dengan lancar dan semua pihak bisa ikut aktif terlibat.

[top]
About the Author


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!