05 Nov 2016

Gereja Katolik Bernuansa Eropa Di Bandung

0 Comment

Gereja Katolik Bernuansa Eropa Di Bandung – Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki berbagai macam agama di dalam satu wilayah hal ini sudah ada sejak beberapa ratus tahun yang lalu. Terdiri dari 6 macam agama Indonesia tetap bersatu dan menjalin kekompakan yang solid.

Bahkan di beberapa wilayah Indonesia memiliki tempat beribadah yang berdekatan dari agama satu dengan agama lain. Misalnya seperti yang berada di Pulau Dewata Bali dan wilayah Kota Malang.

Walaupun mayoritas agama di Indonesia adalah agama Islam, ternyata di Indonesia memiliki gereja yang merupakan tempat ibadah umat Katolik yang menjadi cagar budaya milik Kota Bandung.

Salah satu gereja bernuansa Eropa, Gereja Katedral St. Petrus. Gereja yang berada di jalan Merdeka Bandung tepat berseberangan dengan Taman Vanda. Dirancang oleh arsitek bernama Ir. C. P. Wolff Schoemaker dengan ahli bangunan M. Kunst. Dengan gaya Neogothic Eropa dan dengan bentuk bangunan menyerupai salib simetris.

Ditengah suasana kota Bandung yang dingin anda bisa menemukan Gereja untuk beribadah di Kota Bandung. Arsitek asal Belanda ini menghiasi beberapa gedung megah dan tempat ibadah di Kota Bandung dengan suasana Eropa, seperti Masjid Cipaganti, Gereja Bathel yang ada di jalan Wastu kencana, Bioskop Majestik dan Hotel Preanger.

Pembangunan gereja bernuansa Eropa, Gereja Katedral St. Petrus menggunakan lahan peternakan yang ada di sebelah timur Gereja St. Franciscus Regis di Merpikaweg sebelah kiri jalan merdeka. Awal mula berdirinya gereja Katedral adalah Gereja St. Franciscus Regis yang sebelum menjadi Gereja Katedral menjadi tempat perkumpulan Sosial Katolik.

Berselang 2 tahun kemudian di Javastran tepatnya sebelah timur Gereja Katedral St. Petrus yaitu gereja bernuansa Eropa berdiri sebuah sekolah untuk putra yang sekarang digunakan untuk SD St. Yusup II.

Tempat ibadah umat Katolik satu ini pernah disebutkan dalam buku kenangan 80 Tahun sekolah Katolik putra, yang dibangun untuk menggantikan gereja pertama yang hanya berukuran 8 x 21 meter yang berada di Schoolweg sekarang menjadi Jalan Merdeka.

Gereja Katolik di Bandung tidak jauh dari gudang kopi milik pemerintah Belanda. Sekarang gudang kopi sudah menjadi Kantor Pemerintahan kota Bandung. Tempat ibadah umat Katolik ini sudah diberkati oleh MRG. W. Staal tanggal 16 Juni 1895.

Beribadah di Kota Bandung bisa anda lakukan di Gereja Katedral St. Petrus. Tentu dengan nuansa yang nyaman dan akan membuat ibadah anda menjadi lebih fokus pada tuhan ditambah lagi dengan desain Eropa yang menyelimuti gereja akan membuat anda serasa beribadah di luar negeri.

Selain memiliki desain Eropa, terletak di kota yang sejuk tempat ibadah umat Katolik satu ini merupakan salah satu Cagar Budaya yang dimiliki kota Bandung, tentu bila anda menyempatkan diri untuk beribadah di Kota Bandung anda harus menjaga kebersihan lingkungan karena ini merupakan warisan Budaya Indonesia.

[top]
About the Author


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!