23 Jan 2017

Keunikan Curug Cimahi Bandung Yang Memukau

0 Comment

Keunikan Curug Cimahi Bandung Yang Memukau – Arti nama Cimahi berasal dari bahasa Sunda yang artinya air cukup. Sesuai namanya, debit aliran air terjun ini selalu sama, baik saat musim penghujan maupun kemarau.

Kawasan Bandung Utara memiliki lokasi destinasi tujuan wisata yang unik. sebuah air terjun yang di beri nama Curug Cimahi. Air terjun yang dikemas terus di tata dan dikembangkan.

Wisata alam yang menuguhkan keunikan. jatuhan air terjunnya yang yang memiliki ke indahan cahaya warna-warni menarik dan memanjakan mata para wisatawan yang melihatnya.

Lokasi Curug Cimahi Bandung

Curug Cimahi termasuk domisili dalam wilayah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasi wisata ini berjarak kurang lebih sekitar 10 kilometer dari arah kota Cimahi menuju arah Lembang atau 20 km dari arah kota Bandung.

Alamat yang mudah dicari karena posisinya tepat dengan di samping terminal Cisarua dan dekat sekali dengan Dusun Bambu leasure park yang sudah pupler di kalangan para wisatawan dalam dan luar kota.

Curug Cimahi dari pusat Kota Bandung bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor. Sedangkan jika anda datang dari kota Cimahi, lokasinya dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih sekitar setengah jam perjalanan. Baca juga Villa di dekat dusun Bambu keren dan lengkap.

Air Terjun Tertinggi di Bandung

Ketinggian Air terjun atau Curug Cimahi sekitar 87 meter. Di wilayah Bandung dan sekitarnya, Curug Cimahi bandung merupakan salah satu air terjun yang tertinggi.

Sumber mata Air dari sungai inu yang berasla dari Situ Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. air terjun yang unuk ini berada di ketinggian 1050 meter DPL. Jika dilihat dari atas, air terjun ini memiliki dua tingkat dimana menjadi salah satu yang termasuk dalam keunikannya.

The Rainbow Waterfalls ( Air terjun Pelangi )

Saat ini para wisatawan bisa menikmati kecnatikan lain Curug Cimahi pada malam hari yang sangat memukau. berbeda dengan dahulu hanya bisa dinikmati saat mulai di buka pagi hari sampai tutup di sore hari.

Dimana pengunjung dimanjakan dengan deburan air terjun dan keindahan pemandangan alamnya yang mempesona, pengunjung yang datang di malam hari akan dimanjakan dengan pemandangan cahaya warna-warni yang menghiasi air terjun ini.

Cahaya vertikal yang tingginya kurang lebih sekitar 71 meter yang memancar di antara deburan air terjun Curug Cimahi menjadi pemandangan memukau di malam hari.

Cahaya warna-warni tersebut berasal dari rangkaian lampu yang di peruntukan khusus yang disetting persis di dinding belakang air terjun warna-warna pelangi, Misalnya warna biru, merah, hijau , kuning, jingga, dan warna lainnya.

Pertama di Indonesia

Penampakan lain Curug Cimahi di malam hari itu menjadi daya tarik tersendiri. karena tidak banyak kreasi yang menyandingkan keindahan alam curug dengan teknologi cahaya yang di-setting melalui lampu dan bisa jadi, Curug Cimahi adalah yang pertama di Indonesia.

Tempat ini tidak hanya menawarkan keindahan air terjun nya saja. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan flora dan fauna di sepanjang jalan menuju lokasi Curug Cimahi bandung.

Selama berada di lokasi wisatawan akan ditemani suara kicauan berbagai jenis burung dan suara celoteh monyet yang terdapat di pepohoan yang ada disekitar Air terjun Pelangi ini satwa ini adalah penghuni tetap kawasan wisata ini,

Fasilitas yang disediakan di Curug Cimahi Untuk kenyamanan para wisatawan yang hendak mengunjungi wisata ari terjun pelangi ini Pihak pengelola menyediakan beberapa sarana penunjang seperti :

  • Pintu Gerbang Masuk
  • Shelter yang terdapat di pinggir jalur
  • Pagar pengaman
  • Peta lokasi area
  • Jalan setapak
  • Picnic site
  • Bangku ( Tempat Duduk )
  • Tong sampah
  • Pusat informasi
  • Area parkir, Kendaraan khusus ( Besar Maupun kecil nanti akan di arahkan )
  • Serta Pos Pengamanan, Toilet dan  musholla,. Selain itu, terdapat pula beberapa warung milik warga sekitar yang menjual makanan dan minuman dan terdapat banyak rumah Makan yang biasanya buka Setiap hari.

Tiket Masuk Curug Cimahi

Untuk meniikmati keindahan Curug Cimahi pengunjung hanya dikenakan tarif biaya masu sebesar Rp 12.000 per orang sebelum Jam 17.00 WIB dan Rp 15.000 Jam 5 Sore.

Para wisatawan yang ingin menikmati The Rainbow Waterfalls di Curug Cimahi, Anda bisa datang ke Curug Cimahi di sore menjelang malam tiba sebelum jam 21:00.

Jam operasionalnya Curug Cimahi Bandung

Mulai dibuka dari Jaml 08.00 WIB  Sampai Pukul 21.00 WIB.

Rute Jalan Menuju Curug Cimahi Bandung

  1. Jika menggunakan kendaraan pribadi atau travel dari pusat Kota Bandung : Dari Jalan Setiabudi anda belok kiri ke arah jalur Cihideung menujul Sersan Bajuri ke arah Universitas Advent Indonesia menuju ke Terminal Parongpong kemudian terminal Cisarua.
  2. Arah dari pusat Kota Cimahi dapat melalui menyusuri  jalan Kolonel Masturi arah lembang posisinya persis setelah dusun Bambu dan letaknya di sebelah kanan jalan

Rute untuk menuju Alamat Curug cimahi bandung sangatlah mudah mau mengunakan transfortasi umum maupun pribadi hanya berpatokan di terminal angkutan umum cisarua.

Lokasi Jalan Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551 Nomor Telepon : 0821-2099-8872

Sumber Foto From Titimangsadotcom
[top]
About the Author


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!