05 Okt 2016

Ke Indahan Stone Garden Padalarang Bandung

0 Comment

Ke Indahan Stone Garden di Bandung Barat – Tidak kalah dengan tempat wisata lain di indonesia yang mempunyai lanskap alam menawan, berupa hamparan pegunungan bebatuan.

Sudah mulai di kenal banyak orang tetapi sangat di sayangkan, tempat wisata ini belum di kelola serius oleh pemerintah untuk ke depan mudah-mudahan bisa di lirik oleh dinas terkait.

Stone Garden berlokasi di citatah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. destinasi yang lagi hits di Bandung Barat. Di sinilah pegunungan bebatuan yang cantik nan unik menjadi Daya tarik tempat wisata ini berpemandangan indah. Hamparan batu yang artistik membuat kita merasa tidak sedang berada di Bandung, apalagi di Padalarang.

Baru baru ini Stone Garden menjadi perbincangan bukan karena keindahan panorama alamnya. Melainkan , beberapa pengunjung yang merasa ditipu saat mengambil moment di sana dan harus membayar uang  sebesar Rp 300.000

Tapi kasus ini sudah di klarifikasi Oleh Pengelola dan bagi siapa saja yang merasa di rugikan saat berkunjung kesini silahkan melapor Kepada  Kelompok Sadar Wisata Geopark Pasir Pawon

Menengok ke belakang, sebenarnya bagaimana cerita Stone Garden menjadi tempat wisata? Adalah Kelompok Sadar Wisata Geopark Pasir Pawon, kumpulan masyarakat setempat yang jadi pengelola Stone Garden.

Sejak bulan September 2014, kelompok sadar wisata ini mengurus Stone Garden untuk menjadi tempat wisata yang menarik dan nyaman untuk di kunjungi.

Mereka selaku pengelola berasal dari masyarakat setempat. Stone Garden ini sendiri adalah nama yang diberikan oleh Para pelacong yang datang pertama ke sini keterangan dari Kensu Sekretaris Kelompok Sadar Wisata Geopark Pasir Pawon.

Beliau menjelaskan, awal mula pemilik tanah di Stone Garden tersebut adalah milik 8 orang. yang Dulu tanahnya dibuat menjadi ladang pertanian. Sayangnya karena kering dan lahannya gambut, membuat si pemilik tanah sulit bercocoktanam .

Warga setempat pun sadar, sebaiknya tanah-tanah di lokasi jangan di biarkan terbengkalai, Beliau serta teman temannya membentuk Kelompok Sadar Wisata Geopark Pasir Pawon dan sepakat untuk menyewa tanah dari 8 orang itu untuk dijadikan tempat wisata.

“Kelompok ini sepakat, menyewa tanahnya. Penghasilan dari tiket dan foto-foto prawedding, setiap bulannya di alokasikan untuk pemilik tanah tersebut, petugas keberishan dan Guide.

Petugas kebersihan dan pemandu pun berasal dari masyarakat setempat. Intinya mereka sadar, mereka punya Stone Garden yang indah dan dapat menjadi tempat wisata. Artinya, orang-orang akan datang untuk berwisata.

Tiket masuk ke stone garden itu Rp 5000 , Biaya Parkir motor Rp 3.000 dan roda empat Rp 5.000. Untuk foto-foto seperti prawedding dan kepentingan fotografi lainnya Rp 300 ribu. Peraturannya sudah ada dari dulu.

Malah awalnya itu tarifnya Rp 200.000 dan pelan-pelan naik harganya. Uangnya selain buat bayar sewa tanah diperuntukan  pemeliharaan lokasi dan penambahaan fasilias yang sudah ada.

Apakah pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bandung Barat memberikan bantuan dan ikut merawat Stone Garden? Sampai sekarang kita masih berjalan sendiri.

Yang saya tahu, pemerintah baru mengetahui saja (Stone Garden) dan merekomendasikan kepada wisatawan. Kita selama ini berkoordinasi saja dengan Pemda, untuk bantuan cuma berupa bibit pohon.

Untuk perawatan dan pembenahan fasilitas di Stone Garden, Kensu mengakui hanya dapat mengandalkan dari CSR saja. Hingga kini pengelola Stone Garden di Bandung Barat masih warga setempatnya.

Ada baiknya Pemerintah Bandung Barat khususnya dinas pariwisata bergerak dan mengurus Stone Garden. Baiknya pemerintah membeli lahannya, tetapi tepat melibatkan masyarakat setempat terlibat untuk mengelola wisata dan menambah sarana serta fasilitas yang nyaman untuk wisatawan.

Soal biaya harga masuk Stone garden jika dikelola pemerintah dapat lebih ringan biayanya dan wisatawan bisa datang lebih banyak untuk menikmati keindahan alam disini

Apa Saja yang perlu di persiapkan Untuk Berkunjung ke taman batu Stone garden ini ?

Berikut penuturan Salah satu Tips dari Pelancong yang pernah berkunjung ke taman batu ini Pertama adalah mental harus kuat dan fisik harus tetap terjaga Yang paling penting adalah kesiapan kita untuk menahan teriknya panas matahari.

Jika berada disana tepat ketika hari menjelang siang dan siang hari menuju sore. terik matahari akan langsung tertancap ke kulit pengunjung ketika anda sedang mengelilinginya.

Tetapi ada beberapa saung seperti gazebo disekitar Taman Batu ini untuk anda berteduh. Dan anda juga bisa memanfaatkan julangan tinggi bebatuan yang ada untuk berteduh di antaranya. Intinya jangan sampai bosan menikmati suasana sejuk dan keindahan sekitarnya.

Ketika berada disini mungkin akan terganggu juga dengan suara bising pabrik yang beroperasi di sekitarnya. Asap hitam yang mengepul tinggi dari pakrik cukup merusak pemandangan langit

Sehingga kontrol emosi juga merupakan bentuk persiapan yang sangat baik sebelum dan ketika berada di Taman Batu, Padalarang – Bandung.

Selamat Mencoba……!!!!!

[top]
About the Author


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!